Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

Senin, 27 Mei 2019 - 19:30 WIB
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT
A A A
TIMOR TENGAH UTARA - Masih minimnya promosi dan publikasi atas potensi wisata di wilayah perbatasan membuat MNC Travel bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali menggelar kunjungan ke sejumlah wilayah perbatasan di Indonesia. Salah satu tujuannya adalah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selama 5 hari 4 malam, pada 17—21 Mei lalu, MNC Travel bersama tim MNC Media, termasuk Koran SINDO dan SINDOnews berkesempatan menjelajahi sejumlah obyek wisata alam di NTT. Kali ini, obyek yang dikunjungi bukanlah destinasi wisata yang sudah dikenal sebelumnya. Tim ini mengunjungi kawasan Kabupaten Kupang, Belu, Malaka dan Timor Tengah Utara.

Minimnya promosi membuat kawasan ini kurang dikenal. Padahal, kawasan ini menyimpan potensi wisata yang tak kalah menarik dari destinasi wisata di NTT yang selama ini sudah dikenal. Tim mengunjungi Goa Kristal di Kampung/Desa Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang; Bendungan Rotiklot, Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu; Pantai Wini, Desa Humusu C, Insana Utara, Timor Tengah Utara; Rumah Adat Tasain, Desa Nurobo, Kecamatan/Kabupaten Malaka; Bukit Cinta, Oesoko, Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara hingga wisata belanja di Pasar Internasional (Pasar Senin, Wini) dan Pasar Tradisional Atambua.
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

"Jadi ini memang program kita explore Indonesia lebih mendalam untuk mempromosikan dan mempublikasikan. Mulai masuk ke Goa Kristal, yang sudah dikenal wisatawan lokal, tapi masih belum terawat dan tergali dengan baik oleh pemerintah setempat karena masih dikelola oleh warga seadanya," kata Marketing and Promotion Head MNC Travel Diana Ring di sela jelajah wisata perbatasan di NTT.

Dia menyayangkan potensi wisata alam goa yang unik ini belum terkelola secara benar. Padahal jika segi infrastruktur dan aksesibilitasnya digarap, maka pengunjung bisa menjadikan Kupang bukan hanya tempat transit saja, tapi juga sebagai destinasi wisata baru.

"Sangat disayangkan pemerintah setempatnya belum mau menyentuh potensi wisata goa ini, minimal terlihat ada kepedulian terhadap potensi wisata yang bisa meningkatkan pendapatan asli daerah dan perekonomiannya," katanya.

Dia mengatakan alasan menjelajah obyek wisata yang belum terekspos baik agar bisa kemudian dipromosikan. Menurut dia, MNC Travel sebagai bagian dari Travel Media atau pelaku pariwisata memiliki kepedulian untuk mengembangkan wisata.

"Jadi kita sebagai pelaku pariwisata harus memiliki kepedulian atau merasa terpanggil untuk bisa mengembangkan wisata Indonesia, termasuk yang belum terekspos sama sekali," ujar dia.

Di Goa Kristal, tim MNC Travel dan Media selain merasakan sensasi baru berendam di air jernih bewarna hijau kebiruan, juga berkesempatan wawancara langsung dengan Yesriyanto, 40, pemilik goa asal Desa Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang. "Ya, goa ini milik pribadi bukan pemerintah. Saya ini generasi ketujuh yang mewarisi goa di bawah lahan bekas perkebunan jagung ini," katanya.
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

Menurut dia, air yang ada dalam goa ini merupakan air payau (campuran air tawar dan air laut). Untuk membuktikan air goa Kristal ini disebut payau, dia bersama kelompok penyelam sempat mengeksplorasi hingga ke laut.

"Air ini tembus ke laut sejauh 1 kilometer. Saat itu sempat ada tim penyelam menelusuri hingga sumber air laut," kata pria yang sehari-harinya kini fokus mengelola potensi wisata warisan ayahnya.

Sepintas memang bila dilihat dari mulut goa, tak ada yang menyangka ada kolam air dengan gradasi warna biru muda dan tua. Apalagi, bila tak ada cahaya yang menerangi kolam.

Kolam air tersembunyi di balik celah bebatuan karst goa. Kolam itu memanjang dari utara hingga selatan dengan ukuran sekitar 10 meter x 3 meter dengan kedalaman sekitar 12 meter. Untuk menjangkaunya, perlu usaha ekstra karena harus menuruni batuan licin sekitar 20—25 meter.

Tim sendiri beberapa kali sempat terpeleset ketika menuju dasar goa. Tangan dan kaki harus mencengkeram dengan sempurna agar tak terpeleset. Namun, saat tiba di kolam, kekhawatiran karena takut terpeleset akan terbayar penuh dengan keindahan.

Setelah dari Goa Kristal, tim kemudian bergeser ke Bendungan Rotiklot yang kebetulan baru diresmikan Presiden Joko Widodo. Bendungan yang berada di daerah aliran sungai Mota Rotiklot itu memiliki panjang sungai 6,41 kilometer dan luas daerah aliran sungai (DAS) 11,69 kilometer persegi (km2).
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

Bendungan Rotiklot bermanfaat untuk penyediaan air lahan irigasi seluas 139 hektare padi dan 500 hektare palawija. Bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendalian banjir daerah hilir kawasan Ainiba serta suplai air baku untuk masyarakat dan pelabuhan Atapupu juga diproyeksikan sebagai destinasi wisata baru. Sebab, tak sedikit masyarakat yang sengaja datang ke Bendungan ini hanya untuk berfoto selfie, baik di gapura pintu masuk dan di lokasi ujung jembatan terdapat banner raksasa bertuliskan Bendungan Rotiklot.

Setelah ke Bendungan, tim berlanjut menelusuri obyek wisata Pantai Wini yang letaknya berbatasan langsung dengan Oekusi, Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Sepanjang perjalanan sebelum tiba ke pantai yang baru ditata rapih untuk menarik minat pengunjung ini, tim suguhi pemandangan perbukitan padang rumput dengan jalan berkelok-kelok.
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam, akhirnya tim tiba di Pantai Wini. Pantai ini begitu eksotis karena saat sore hari, pengunjung bakal disuguhi sunset atau matahari terbenam yang sempurna. Infrastruktur jalan di sekitar pantai cukup baik, sehingga layak pantai ini sebagai destinasi wisata favorit baru.

Meski demikian, di balik keindahan pantai Wini, para pengunjung bakal disuguhi informasi yang sangat berguna, yaitu papan pengumuman yang mengingatkan agar pengunjung agar tidak mandi atau berenang. Sayangilah nyawa Anda, karena sudah sering kejadian pengunjung hilang di makan buaya.

"Iya, terakhir pengunjung pantai warga sekitar berenang kemudian hilang karena dimakan buaya. Tim SAR dari Kupang didatangkan untuk pencarian selama seminggu tak juga menemukan jasadnya," kata Willy, 42, warga Kabupaten Kefamenanu saat ditemui di warung kopi Libas, Pantai Wini.

Setelah menikmati keindahan pantai Wini, tim juga sempat mendatangi Rumah Adat Tasain, Kabupaten Malaka. Rumah adat ini mirip seperti rumah adat di Wae Rebo, sebuah desa kecil di Satar Lenda, Kecamata Satarmase Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Minim Promosi, MNC Travel Jelajahi Potensi Wisata Daerah Perbatasan di NTT

Tim sempat berbincang dengan Jeremias Kepala Suku Adat Tasain. dia mengatakan rumah adat ini dulunya dijadikan tempat penyimpanan stok makanan hasil bumi. "Karena suku disini masyarakatnya sering berpindah-pindah, tempat ini terus dilestarikan dan bergeser fungsinya menjadi tempat yang disucikan, karena banyak terkandung nilai-nilai magis disini," katanya.

Tak hanya itu di hari terakhir dalam perjalanan pulang dari Wini ke Atambua, tim juga menyempatkan singgah ke Bukit Cinta, Oesoko, TTU. Dibukit ini tim menyempatkan mendokumentasikan keindahan bukit yang jadi favorit para muda-mudi berselfie dengan latar pegunungan dan perbukitan tandus yang di belakangnya terlihat hamparan laut biru.

Selain itu tim juga bekunjung srmpat mencicipi wisata kuliner dan belanja, baik di pasar malam dengan menu masakan seafoodnya khas masyarakat Kupang dan Atambua. Serta tak lupa juga belanja oleh-oleh khas NTT yakni kain tenun dan cemilan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3973 seconds (0.1#10.140)